Kajian Ramadhan dan Tautan Hati IAEI DPW Bengkulu 2024 Bekerjasama dengan FEBI UIN FAS Bengkulu, YKM NU, dan Dompet Dhuafa Bengkulu

Home  >>  Berita  >>  Kajian Ramadhan dan Tautan Hati IAEI DPW Bengkulu 2024 Bekerjasama dengan FEBI UIN FAS Bengkulu, YKM NU, dan Dompet Dhuafa Bengkulu

Kajian Ramadhan dan Tautan Hati IAEI DPW Bengkulu 2024 Bekerjasama dengan FEBI UIN FAS Bengkulu, YKM NU, dan Dompet Dhuafa Bengkulu

On March 28, 2024, Posted by , in Berita, With No Comments

Rabu, (28/03/24) IAEI DPW Bengkulu menggelar kajian Ramadhan dengan tema “Implementasi Keuangan Sosial Islam”,bertempat di masjid Al Faruq UIN FAS Bengkulu . Kegiatan ini bekerja sama dengan FEBI UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, YKM NU, dan Dompet Dhuafa Bengkulu. Dekan FEBI, Prof.Dr.Supardi,M.Ag dalam sambutannya menyampaikan “Melalui kajian Ramadhan ini diharapkan kita semua memiliki pengetahuan terkait dengan Keuangan Sosial Islam melalui praktik filantropi dan berbagai bentuk ikhtiar untuk memperkenalkan pentingnya wakaf serta zakat”.

Dalam kajian ini Prof. Dr. Asnaini, MA, Direktur Infrastruktur Ekonomi Syariah KDEKS Bengkulu selaku pembicara membahas Optimalisasi Zakat dalam Sistem Keuangan Sosial Islam, dan Dr. Desi Isnaini, MA, Ketua Umum IAEI DPW Bengkulu membahas Peran Wakaf dalam Sistem Keuangan Sosial Islam.

Sebagai instrumen keuangan Islam, zakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Status zakat sebagai kewajiban bagi umat Islam, menjadikan zakat memiliki potensi yang besar. Besarnya potensi tersebut perlu dioptimalkan agar tujuan dan hikmah zakat dapat terealisasi, ujar Prof. Dr. Asnaini, MA, Direktur Infrastruktur Ekonomi Syariah KDEKS Bengkulu.

Dalam pemaparannya Dr. Desi Isnaini, MA, Ketua Umum IAEI DPW Bengkulu menyampaikan bahwa “Sebagai instrumen keuangan, wakaf uang adalah inovasi baru bagi sistem ekonomi islam. Dengan wakaf uang ini diharapkan jangkauannya lebih luas dan merata keseluruh masyarakat. Bisa dilakukan dikalangan kaya maupun yang miskin. Dibandingkan dengan model wakaf biasanya hanya dilakukan oleh kalangan kaya saja.”

Momen bulan berkah ini juga tidak dilewatkan oleb IAEI, YKM NU, dan Dompet Dhuafa memberikan santunan ke 24 (dua puluh empat) orang mahasiswa FEBI sebagai bentuk kegiatan sosial. Semoga kegiatan ini memberikan ilmu dan dampak sosial yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *